Skip to main content

mengatasi blue screen pada Komputer

Mungkin anda yang pernah mengalami Bluescreen pada Kompuer/Laptop anda. Bluescreen atau BSOD adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan Sistem Operasi Windows ketika mengalami kesalahan sistem atau yang disebut Stop Error oleh Windows. Ada beberapa hal yang menyebabkan BSOD muncul, diantaranya driver suatu suatu hardware yang sudak kurang bagus lagi.

Ada beberapa pesan yang disampaikan saat Komputer/Laptop anda mengalami Bluesceen, di anntaranya:
  • MACHINE_CHECK_EXCEPTIOPesan error ini disebabkan  cacatnya CPU, Power Supply yang kekurangan daya atau rusak, juga ada aktifikas Overclock secara agresif
  • PEN_LIST_CORRUPTPesan error ini muncul disebabkan adanya kerusakan pada RAM Komputer/Laptop
  • BAD_POOL_CALLERMunculnya pesan eroro ini disebabkan adanya kesalahan atau driver yang tidak kompatible
  • VIDEO_DRIVER_INIT_FAILUREIni disebabkan karena terjadi kesalahan pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapt terjadi karena kesalahan saat instalasi driver.
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X000000A)Pesan kesalahan ini di akibatkan adanya ketidak cocokan drive yang teristall di komputer.
    Penyebabnya: 
    • Driver yang tidak cocok/bentrok
    • Permasalahan pada Audio Card yang meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
    • Permasalahan pada Video Card, bisa terjadi akibat Video Card yang di overclock secara berlebihan, atau baru mengganti Video Card dan anda belum menginstall driver video card yang lama dari chipset berbeda
  • NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)Pesan error ini terjadi karena terjadi kerusakan pada Partisi atau File system tetapi bukan terjadi pada Harddisknya.
  • UNIXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)Pesan ini disebabkan adanya overclock hardware yang berlebihan, komponen komputer yang terlalu panas, BIOS yang korupt dan memory atau CPU yang cacat.
  • DATA_BUS_ERRORKemungkinan di akibatkan memory atau slot memory di matherboard rusak.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREAIni disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware, termasuk memory utama, memory video card, memory di prosesor (L2 Cache)
  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICEPesan error ini di akibatkan adanya kesalahan pada jumper harddisk, virus boot sector, driver IDEcontroller yang salah, dan terjadi kesalahan pada chipset driver.
Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah Bluescreen di antaranya
  • Cara Pertama:
    pastikan menu save mode anda tidak mengalami masalah/crash, gunakan menu save mode, untuk masuk pada save mode, tekan F5 pada saat booting awal dan pilih save mode, lakukan system restore pada windows anda dengan cara:Start>>All Program>>Accessoris>>System Tool>>System Restore.
  • Cara Kedua:
    Men desable kan drive driver hardware anda yang baru dengan cara:Tekan Tombol Windows+Puse Break secara bersamaan untuk menampilkan system properties Windows anda>>pilih tab Hardware>>Device Manager dan hilangkan/non aktifkan driver yang baru anda pasang sebelum terjadi Bluescreen.
  • Cara Ketiga:
    Jika Bluescreen di akibatkan oleh virus Trojan, gunakanlah antivirus Portable untuk melacak virus tersebut. Lakukan scan virus tersebut melalui Unremovable storage seperti DVD atau CD.
sekian dulu penyebab dan cara mengatasi blue screen pada laptop/komputer, semoga ini bermanfaat dan anda tidak akan menemkan masalah seperti ini lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Slot memori ( SIMM, DIMM, dan RIMM ) ?

DIMM (Dual In-Line Memory Module) Adalah jenis yang paling umum digunakan sekarang. Berupa circuit-board kecil berisi chip memori RAM. DIMM merupakan memory standar di komputer desktop saat ini.   SIMM (Single In-Line Memory Module) Adalah jenis modul memori yang berisi chip RAM yang digunakan komputer awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari DIMM. Modul SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard. Sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.   RIMM (Rambus In-Line Memory Modul) Modul ini menggunakan chip RAM buatan Rambus.Inc , digunakan pada saat awal Pentium4 (1999), modulnya disebut RDRAM (Rambus-DRAM). Performanya sangat bagus, tetapi karena harganya mahal, akhirnya tergeser oleh DDR hingga sekarang. Beberapa konsole-game menggunakan modul ini untuk memperoleh performa kinerja yang tinggi.

Soal Peripheral Komputer

Software yang menjadi sistem operasi bisa berkomunikasi dengan peripheral atau alat lain adalah . . . A.Operating System B. Program Aplikasi C. Driver D. BIOS E. DOS Berikut ini yang termasuk alat piranti masukan pada komputer adalah, kecuali . . . A. Keyboard B. Joystick C. Mouse D. Proyektor E. Scanner AGP slot adalah perangkat yang digunakan untuk memasang peripheral yang berupa . . . A. Processor B. RAM C. VGA Card D. Harddisk E. Floppy Disk Untuk mengetahui apakah peripheral sudah terinstal dengan baik dapat diketahui melalui . . . A. System Komputer B. Device Manager C. Control Panel D. BIOS E. Regedit Hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel atau tersambung pada port-port disebut dengan . . . A. Accesories B. Peripheral C. Driver D. Office E. Windows Apabila suatu peripheral belum terinstal, maka pada device manager akan menampilkan simbol: A. Tanda tanya (?) warna kuning B. Tanda seru (!) warna kuning C. Tanda silang (X) warna me

[APK] Dialer And Contact iOS7

Saya kembali share artikel untuk memperindah ANDROID anda semua setelah sebelum nya saya Share Artikel >> [APK] iLaucher iOS7 <<...Supaya tampilan Android kita mirip banget seperti IPhone karena saya tidak sanggup untuk membeli langsung Handpone IPhone nya jadi saya hanya menggunakan Aplikasi-aplikasi tambahan saja hehe... wait for donation/menunggu donasi hehe Download  dialer+contact(dot)apk Artikel Terkait : Merubah Statusbar seperti IOS7 iLauncher IOS7 Merubah Lockscreen seperti IOS7 Menambah iCenter Control seperti IOS7 Merubah Message/SMS seperti IOS7 ( coming soon )