Skip to main content

Webcam dan fungsinya

Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.

Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya berresolusi sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 Megapiksel.
Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).

Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga
kata web terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan.

Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.

Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabel support, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.

Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Teknologi web camera pada awalnya mendapat dukungan komersial dari industri pornografi. Industri ini membutuhkan gambar-gambar ‘live’ dan meminta pembuatan software yang mampu melakukannya tanpa web browser plugins. Hal ini melahirkan teknologi live streaming webcam yang masih tetap ada hingga sekarang.

Sekarang ini web camera yang ada di pasaran pada umumnya terbagi ke dalam dua tipe: web camera permanen (fixed) dan revolving web camera. Pada web camera permanen terdapat pengapit untuk mengapit lensa standar di posisi yang diinginkan untuk menangkap gambar pengguna. Sedangkan pada revolving web
camera terdapat landasan dan lensa standar dipasang di landasan tersebut sehingga dapat disesuaikan ke sudut pandang yang terbaik untuk menangkap gambar pengguna.

Web camera memiliki fitur-fitur dan setting yang bermacam-macam, diantaranya adalah:
  • Motion sensing Web amera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.
  • Image archiving
    Pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.
  • Video messaging
    beberapa program messaging mendukung fitur ini.
    • Advanced connections
      menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun nirkabel.
    • Automotion
      Kamera robotik yang memungkinkan pengambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.
    • Streaming media
      Aplikasi profesional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan video yang sesungguhnya.
    • Custom coding
      Mengimport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).
    • AutoCam
      Memungkinkan pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera.
Dengan semakin banyaknya penggunaan web camera di seluruh dunia, web site aggregator pun muncul. Web site ini memungkinkan pengguna untuk menemukan live video stream berdasarkan lokasi ataupun kriteria lainnya. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi web camera. Secara fisik, kamera-kamera yang beredar di pasaran memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan personal pengguna karena desainnya yang cukup bergaya namun hanya memiliki sedikit variasi. Lalu, sudut pandang web camera disesuaikan tidak langsung dalam cara yang tidak nyaman. Dan juga pengguna banyak menemui kesulitan ketika menyesuaikan posisi web camera untuk menangkap gambar.

Permasalahan lainnya adalah sebuah program yang dinamakan ‘Trojan Horse’, program ini memungkinkan hacker untuk mengaktifkan web camera tanpa sepengetahuan pengguna kamera. Sehingga hacker dapat mengambil gambar live video dari sang pengguna kamera. Untuk menanggulanginya, kamera-kamera dilengkapi penutup lensa ataupun lampu LED yang akan menyala jika kamera dalam keadaan aktif.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Slot memori ( SIMM, DIMM, dan RIMM ) ?

DIMM (Dual In-Line Memory Module) Adalah jenis yang paling umum digunakan sekarang. Berupa circuit-board kecil berisi chip memori RAM. DIMM merupakan memory standar di komputer desktop saat ini.   SIMM (Single In-Line Memory Module) Adalah jenis modul memori yang berisi chip RAM yang digunakan komputer awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari DIMM. Modul SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard. Sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.   RIMM (Rambus In-Line Memory Modul) Modul ini menggunakan chip RAM buatan Rambus.Inc , digunakan pada saat awal Pentium4 (1999), modulnya disebut RDRAM (Rambus-DRAM). Performanya sangat bagus, tetapi karena harganya mahal, akhirnya tergeser oleh DDR hingga sekarang. Beberapa konsole-game menggunakan modul ini untuk memperoleh performa kinerja yang tinggi.

Soal Peripheral Komputer

Software yang menjadi sistem operasi bisa berkomunikasi dengan peripheral atau alat lain adalah . . . A.Operating System B. Program Aplikasi C. Driver D. BIOS E. DOS Berikut ini yang termasuk alat piranti masukan pada komputer adalah, kecuali . . . A. Keyboard B. Joystick C. Mouse D. Proyektor E. Scanner AGP slot adalah perangkat yang digunakan untuk memasang peripheral yang berupa . . . A. Processor B. RAM C. VGA Card D. Harddisk E. Floppy Disk Untuk mengetahui apakah peripheral sudah terinstal dengan baik dapat diketahui melalui . . . A. System Komputer B. Device Manager C. Control Panel D. BIOS E. Regedit Hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel atau tersambung pada port-port disebut dengan . . . A. Accesories B. Peripheral C. Driver D. Office E. Windows Apabila suatu peripheral belum terinstal, maka pada device manager akan menampilkan simbol: A. Tanda tanya (?) warna kuning B. Tanda seru (!) warna kuning C. Tanda silang (X) warna me

[APK] Dialer And Contact iOS7

Saya kembali share artikel untuk memperindah ANDROID anda semua setelah sebelum nya saya Share Artikel >> [APK] iLaucher iOS7 <<...Supaya tampilan Android kita mirip banget seperti IPhone karena saya tidak sanggup untuk membeli langsung Handpone IPhone nya jadi saya hanya menggunakan Aplikasi-aplikasi tambahan saja hehe... wait for donation/menunggu donasi hehe Download  dialer+contact(dot)apk Artikel Terkait : Merubah Statusbar seperti IOS7 iLauncher IOS7 Merubah Lockscreen seperti IOS7 Menambah iCenter Control seperti IOS7 Merubah Message/SMS seperti IOS7 ( coming soon )