Skip to main content

Pengertian LAN Card dan fungsinya

Pengertian LAN Card, Kartu jaringan (inggris : Network Interface Card disingkat NIC atau juga Network Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  • NIC bersifat FISIK
  • NIC bersifat LOGIS
Contoh NIC yang bersifat FISIK adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lain-lain. Sementara NIC yang bersifat LOGIS adalah LoopBack Adapter dan DialUp Adapter, disebut juga sebagai Network Adapter, setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut dengan MAC Address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
  • NIC FISIK
    NIC FISIK umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot padad motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan BUS PCI, MCA atau PCIE. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan pada motherboard, NIC FISIK juga dapat berupa kartu EKSTERNAL yang berupa kartu dengan BUS USB, PCMCIA, SERIAL, PARALEL, EXPRESS CARD, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna mobile). Kartu NIC FISIK terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
    • Kartu NIC dengan Media jaringan yang spesifik (Media-Spesifik NIC) : yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet atau Thicknet atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
    • Karut NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (Architecture-Specific NIC) : yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa janis, sesuai denga arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/Detik, 100 Megabit/Detik, 1 Gigabit/ Detik atau 10 Gigabit/Detik.
Tugas NIC adalah untuk mengubaha aliran data paralel dalam BUS komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), Kabel Fiber Optic atau Gelombang Radio (jika memang tanpa kabel).

Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yaitu :
I/O yang dipetakan ke memory, direct memory access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu didalam memory kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame, ini akan menambah header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan , atau informasi pengecekkan kesalahan, frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elektronik (Voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel Fiber Optic), atau Gelombang Mikro (jika menggunakan radio atau jaringan tanapa kabel). NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam bentuk preangkat lunaka yang diinstallsikan dalam sistem operasi.
  • NIC LOGIS
    NIC LOGIS merupakan jenis NIC yang tidak ada secara FISIK dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah NIC. Contoh dari perangkat NIC LOGIS adalah LoopBack Adapater (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstallasi secara default, dengan nama Interfacelo) dan DialUp Adapater (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows), Kartu NIC LOGIS ini dibuat dengan menggunakan teknik EMULASI.

    Fungsi LAD Card, Fungsi LAN Card. Pengertian LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung atau rumah, misalnya jaringan LAN di kantor, hotel, bandara, warnet, atau di dalam rumah.

    Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000 Mbit/second. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LAN card.

    Fungsi LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.

    Saat ini banyak jenis dan merek dari LAN card yang tersedia di pasaran, untuk menggunakannya tentu saja harus kompatible dengan motherboard dan menginstal software drivernya.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Slot memori ( SIMM, DIMM, dan RIMM ) ?

DIMM (Dual In-Line Memory Module) Adalah jenis yang paling umum digunakan sekarang. Berupa circuit-board kecil berisi chip memori RAM. DIMM merupakan memory standar di komputer desktop saat ini.   SIMM (Single In-Line Memory Module) Adalah jenis modul memori yang berisi chip RAM yang digunakan komputer awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari DIMM. Modul SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard. Sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.   RIMM (Rambus In-Line Memory Modul) Modul ini menggunakan chip RAM buatan Rambus.Inc , digunakan pada saat awal Pentium4 (1999), modulnya disebut RDRAM (Rambus-DRAM). Performanya sangat bagus, tetapi karena harganya mahal, akhirnya tergeser oleh DDR hingga sekarang. Beberapa konsole-game menggunakan modul ini untuk memperoleh performa kinerja yang tinggi.

Soal Peripheral Komputer

Software yang menjadi sistem operasi bisa berkomunikasi dengan peripheral atau alat lain adalah . . . A.Operating System B. Program Aplikasi C. Driver D. BIOS E. DOS Berikut ini yang termasuk alat piranti masukan pada komputer adalah, kecuali . . . A. Keyboard B. Joystick C. Mouse D. Proyektor E. Scanner AGP slot adalah perangkat yang digunakan untuk memasang peripheral yang berupa . . . A. Processor B. RAM C. VGA Card D. Harddisk E. Floppy Disk Untuk mengetahui apakah peripheral sudah terinstal dengan baik dapat diketahui melalui . . . A. System Komputer B. Device Manager C. Control Panel D. BIOS E. Regedit Hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel atau tersambung pada port-port disebut dengan . . . A. Accesories B. Peripheral C. Driver D. Office E. Windows Apabila suatu peripheral belum terinstal, maka pada device manager akan menampilkan simbol: A. Tanda tanya (?) warna kuning B. Tanda seru (!) warna kuning C. Tanda silang (X) warna me

[APK] Dialer And Contact iOS7

Saya kembali share artikel untuk memperindah ANDROID anda semua setelah sebelum nya saya Share Artikel >> [APK] iLaucher iOS7 <<...Supaya tampilan Android kita mirip banget seperti IPhone karena saya tidak sanggup untuk membeli langsung Handpone IPhone nya jadi saya hanya menggunakan Aplikasi-aplikasi tambahan saja hehe... wait for donation/menunggu donasi hehe Download  dialer+contact(dot)apk Artikel Terkait : Merubah Statusbar seperti IOS7 iLauncher IOS7 Merubah Lockscreen seperti IOS7 Menambah iCenter Control seperti IOS7 Merubah Message/SMS seperti IOS7 ( coming soon )