Skip to main content

pengertian internet sharing dan fungsinya

  • Internet Sharing Internet sharing adalah kemampuan untuk melakukan sharing/berbagi koneksi internet. Dengan hanya sebuah saluran komunikasi (misalnya telepon) beberapa komputer bisa digunakan secara bersama-sama sekaligus untuk koneksi ke internet. Tentu biaya komunikasi (dalam hal ini adalah telepon) dan akses internet dapat dibagi ke semua komputer workstation sehingga biayanya leih murah.Secara garis besar, komponen-komponen internet sharing adalah :
    1. Gateway
      Komputer gateway (gateway=gerbang) digunakan sebagai  penghubung antara jaringan/LAN dan internet. Biasanya menggunakan suatu perangkat lunak proxy (misal : WinGate) dengan fasilitas tersambung ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon). Kita cukup menggunakan satu IP Address yang dikenal/teregristrasi di internet dari ISP di mana kita mendaftar.
    2. Jaringan/LAN yang terdiri dari workstation-workstation
      Terdiri dari komputer-komputer yang dapat terkoneksi ke internet melalui gateway secara bersama-sama. Komputer-komputer ini menggunakan IP private (IP yang tidak dikenal oleh internet/jaringan luar) misalnya menggunakan IP 10.x.x.x.
    3. Koneksi internet
      Metode yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon).

    Tiga buah di antaranya adalah workstation, masing-masing menggunakan IP private. Sedangkan gateway selain mempunyai IP private juga mempunyai IP address yang terdaftar di internet didapat dari ISP-nya.
  • Pengenalan WinGate
    Wingate adalah program yang dapat digunakan untuk melakukan internet sharing di sistem operasi Windows selain juga mempunyai banyak fasilitas lainnya antara lain :

    • Proxy
      Beberapa servis proxy internet yang penting :
       
    Servis
    Fungsi
    Nomor Port (umum)
    Web (www)
    Mengakses web
    80 / 8080
    FTP (File Transfer Protocol)
    Mengambil file
    21
    Telnet
    Login ke komputer lain
    23
    RealAudio
    Mendengar audio
    1090
    SOCKS
    Servis yang interaktif (misal ICQ)
    1080
    • Penerapan kebijakan/policy
      Kita dapat mengatur beberapa kebijakan yang dapat diterapkan pada komputer client. Kebijakan itu terutama menyangkut masalah penggunaan servis proxy yang kita berikan, meliputi :

      • Penggunaan password pada komputer client untuk menggunakan servis proxy 
      • Pembatasan-pembatasan pada user tertentu 
      • Pembatasan-pembatasan pada servis tertentu
    • Caching
      Dengan fasilitas ini maka kita dapat menyimpan halaman-halaman web yang diakses dari internet. Jika ada beberapa pengguna komputer client mengakses halaman web yang sama, maka WinGate hanya akan mengambil satu halaman saja. Selanjutnya pengguna lain akan memperoleh halaman web tersebut dari cache yang disimpan oleh WinGate. Caching dapat menghemat bandwidth ke internet dan mempercepat pemanggilan halaman web.
    • Dialer
      WinGate mempunyai kemampuan untuk mendial ke internet dan membackup hubungan ke internet tersebut jika hubungan ke ISP yang pertama gagal.

      Selain yang disebutkan di atas, masih banyak fasilitas lainnya yang dimiliki WinGate. Silakan untuk membaca manualnya/HELP.
  • Internet Sharing Pada Linux 
    Secara garis besar, Internet sharing pada Linux meliputi :
    IP Masquerade (masquerade = menyamar)
    Sehingga yang terjadi di sini adalah penggunaan IP gateway (IP Internet) oleh komputer-komputer di jaringan (workstation) secara bersamaan, berganti-ganti dengan cepat.

    • IP Forwarding
      Fungsi yang dilakukan di sini adalah memforward permintaan-permintaan workstation ke jaringan luar (misal : internet)

      Untuk mengaktifkan internet sharing pada Linux, ada beberapa hal yang harus dilakukan :
      1. Konfigurasi kernel ATAU konfigurasi modul
        Secara default, Redhat belum mendukung fasilitas internet sharing. Untuk itu dapat dilakukan dua cara, yaitu kompilasi ulang kernel ATAU melakukan load modul. Load modul dapat dilakukan dengan cara mengeksekusi beberapa perintah `modprobe`. Sedangkan kompilasi kernel dilakukan dengan mengaktifkan fasilitas IP Masquaerade.
         
      2. Mengaktifkan option IP forwarding (pada file /etc/sysctl.conf) 
      3. Menggunakan aplikasi untuk IP forwarding (misalkan : ipchains)
Aplikasi ini digunakan untuk melakukan forwarding IP agar dapat menjembatani jaringan/LAN kita dengan internet.

Comments

  1. ane baru tau gan tentang ini . hahaha . ane kira internet sharing itu semacam wifi gitu . hehehe .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis Slot memori ( SIMM, DIMM, dan RIMM ) ?

DIMM (Dual In-Line Memory Module) Adalah jenis yang paling umum digunakan sekarang. Berupa circuit-board kecil berisi chip memori RAM. DIMM merupakan memory standar di komputer desktop saat ini.   SIMM (Single In-Line Memory Module) Adalah jenis modul memori yang berisi chip RAM yang digunakan komputer awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari DIMM. Modul SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard. Sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.   RIMM (Rambus In-Line Memory Modul) Modul ini menggunakan chip RAM buatan Rambus.Inc , digunakan pada saat awal Pentium4 (1999), modulnya disebut RDRAM (Rambus-DRAM). Performanya sangat bagus, tetapi karena harganya mahal, akhirnya tergeser oleh DDR hingga sekarang. Beberapa konsole-game menggunakan modul ini untuk memperoleh performa kinerja yang tinggi.

Soal Peripheral Komputer

Software yang menjadi sistem operasi bisa berkomunikasi dengan peripheral atau alat lain adalah . . . A.Operating System B. Program Aplikasi C. Driver D. BIOS E. DOS Berikut ini yang termasuk alat piranti masukan pada komputer adalah, kecuali . . . A. Keyboard B. Joystick C. Mouse D. Proyektor E. Scanner AGP slot adalah perangkat yang digunakan untuk memasang peripheral yang berupa . . . A. Processor B. RAM C. VGA Card D. Harddisk E. Floppy Disk Untuk mengetahui apakah peripheral sudah terinstal dengan baik dapat diketahui melalui . . . A. System Komputer B. Device Manager C. Control Panel D. BIOS E. Regedit Hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel atau tersambung pada port-port disebut dengan . . . A. Accesories B. Peripheral C. Driver D. Office E. Windows Apabila suatu peripheral belum terinstal, maka pada device manager akan menampilkan simbol: A. Tanda tanya (?) warna kuning B. Tanda seru (!) warna kuning C. Tanda silang (X) warna me

[APK] Dialer And Contact iOS7

Saya kembali share artikel untuk memperindah ANDROID anda semua setelah sebelum nya saya Share Artikel >> [APK] iLaucher iOS7 <<...Supaya tampilan Android kita mirip banget seperti IPhone karena saya tidak sanggup untuk membeli langsung Handpone IPhone nya jadi saya hanya menggunakan Aplikasi-aplikasi tambahan saja hehe... wait for donation/menunggu donasi hehe Download  dialer+contact(dot)apk Artikel Terkait : Merubah Statusbar seperti IOS7 iLauncher IOS7 Merubah Lockscreen seperti IOS7 Menambah iCenter Control seperti IOS7 Merubah Message/SMS seperti IOS7 ( coming soon )